Gajiku Terbang Kemana Ya?

Pada era milenial seperti ini, tak sedikit di antara kita yang lebih memilih menjadi penikmat gaya hidup dari pada sekedar menjadi seorang yang peduli keuangan masa depan. Banyak sekali dari sebagian kita yang menghabiskan gaji bulanan untuk memuaskan hasrat masa muda yang didominasi oleh kemewahan sementara.

Kemewahan sementara yang saya maksudkan adalah, mengikuti perkembangan zaman yang pada akhirnya, apa yang kita beli bukan memiliki nilai aset melainkan mengalami penurunan nilai/harga. Gadget dan kendaraan bermotor merupakan contoh benda yang digemari kaum milenial, yang semakin hari semakin banyak produk baru yang di luncurkan, dan semakin ingin dibeli oleh para pemuda zaman now karna semakin baik spesifikasinya. Tak hanya itu, budaya nongkrong di kafe mewah dan lagi nge-hits atau yang sering disebut “Kong-Kow” menjadi sebuah trend bagi pemuda zaman now agar di-cap sebagai anak gawl. Belum lagi rasa ” lapar mata ” terhadap barang-barang yang tidak terlalu penting membuat kaum milenial menjadi semakin konsumtif. 

Maraknya program “credit card” yang diluncurkan dunia perbankan seolah-olah menjadi solusi dari perilaku konsumtif kaum milenial. Banyaknya promo yang ditawarkan membuat penggunanya terlena untuk terus menggunakannya. “Ga perlu pusing kalau lagi ‘bokek’ , tinggal gesek”.  Tanpa disadari, sebenarnya mereka sedang menjadi korban keganasan monster “perbankan”. Bagaimana tidak, ada “bunga” yang menanti dari setiap tunggakan yang belum terlunasi setiap bulannya. Dan belum lagi biaya administrasi yang harus kita bayarkan. Tapi sebenarnya, kita tidak perlu berpikiran negatif melulu dengan adanya program CC yang ditawarkan dunia perbankan. Juga ada beberapa poin positive yang bisa kita dapatkan dari penggunaan CC yang akan Admin bahas pada kesempatan yang akan datang.

Jika kita tidak memiliki kesadaran untuk menabung,  dan fenomena seperti ini terus berlangsung, akan banyak permasalahan-permasalahan keuangan yang bisa saja kita hadapi dikemudian hari.

Apakah kamu termasuk kaum milenial yang admin ceritakan diatas?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s